Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah


Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah - Mendengar kata Brown Canyon pikiran kita memang langsung tertuju pada tempat wisata yang populer di kawasan Arizona, Amerika Serikat. Namun, siapa sangka jika Brown Canyon itu bisa kita jumpai di daerah Semarang Jawa Tengah. Kawasan Brown Canyon di Semarang ini awalnya memang bukan sengaja dibangun untuk destinasi wisata. Kawasan ini merupakan tempat penambangan pasir atau material yang sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya. Dulunya kawasan ini merupakan perbukitan dengan tebing-tebing yang tinggi menjulang. Akibat penggalian material yang dilakukan setiap hari dan selama bertahun-tahun, maka kawasan ini menjadi terlihat seperti Brown Canyon yang ada di Amerika Serikat. Panorama tebing-tebing tinggi berwarna kecoklatan menjadi ciri khasnya Brown Canyon itu sendiri.
Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah

Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah



Daya Tarik Brown Canyon Semarang Jawa Tengah

Brown Canyon semakin menarik dengan panorama alam di sekitarnya yang membuatnya semakin cantik. Banyak ahli fotografer yang sengaja mengabadikannya. Semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang. Ketenaran dari Brown Canyon itu sendiri tidak terlepas dari kecanggihan teknologi dan komunikasi yang saat ini mudah sekali menyebar. Setiap wisatawan yang datang akan berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Tentu hal ini membuat Brown Canyon ini semakin menarik perhatian masyarakat. khususnya masyarakat Semarang dan sekitarnya, bahkan wisatawan asing.
Kunjungi Juga: Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta Jawa Tengah

Kawasan Brown Canyon ini sangat cocok dijadikan tempat pengambilan dokumen Pree wedding atau dokumen lainnya. Panorama tebing-tebing tinggi ditambah hijaunya pepohonan di sekitarnya membuat wisatawan betah berfoto-foto di Brown Canyon ini. Bahkan segala sudutnya sangat bagus digunakan sebagai background berfoto-foto ria.

Lokasi dan Rute ke Brown Canyon Semarang Jawa Tengah

Brown Canyon ini tepatnya berada di daerah Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya agak jauh dari pusat keramaian kota Semarang. Pengunjung yang pertama kali datang ke Brown Canyon ini mungkin agak sedikit bingung, karena lokasinya seperti bukan tempat wisata yang memiliki gerbang masuk maupun keluar. Lokasinya pun juga sangat dekat dengan penambangan material yang masih aktif beroperasi. Sehingga jangan heran kalau berkunjung ke sini harus berpapasan dengan truk-truk pengangkut material dengan polusi debu-debu tambang yang mengganggu penglihatan maupun pernafasan.

Terlepas dari semua tantangan tersebut, pengunjung tidak akan kecewa jika sudah berada di lokasi Brown Canyon sendiri. Dan tidak mungkin betah untuk tidak mengabadikan momen saat di sana. Karena kecantikan panorama alam yang sangat menakjubkan membuat siapa pun rela menerjang debu-debu dengan jalan yang juga tidak mulus lagi. Maklum saja karna daerah ini daerah penambangan, maka akan ada banyak truk-truk yang berlalu lalang.
Kunjungi Juga: Bukit Pandang Santa Mulya Kayen Pati Jawa Tengah

Kawasan ini memang agak jauh dari pusat kota, namun rute nya bisa ditempuh dari beberapa alternatif jalur. Jika pengunjung berada di daerah Semarang Timur, wisatawan bisa memulainya dari arah jalan Fatmawati menuju ke arah RSUD Semarang. Ambil jalur kiri ke arah Perum Klipang. Dari arah ini wisatawan bisa melewati lapangan golf yang dinamakan Klipang Golf, yang kemudian akan bertemu dengan Jembatan Besi. Setelah melewati jembatan tersebut ambil jalur ke selatan dari pertigaan setelah jembatan tersebut. Lalu belok kiri maka akan langsung menuju ke Brown Canyon. Terus ikuti jalan utama, dan Anda akan melihat panorama keindahan Brown Canyon tersebut.

Nah jika dari arah Batang atau Kendal, maka menuju ke arah pertigaan Pasar Kambing. Maka akan melewati daerah Mrican, Kedung Mundu dan juga Sambiroto. Dari arah tersebut akan sampai di pertigaan Intan Permai, dari pertigaan belok kiri. Dan akan sampai di perempatan pasar Meteseh. Maka dari pasar Meteseh melewati Tembeleng, Kedungmundu atau bisa melewati RSUD Klipang. Selanjutnya ikuti petunjuk arah untuk sampai di Brown Canyon.

Tips berkunjung ke Brown Canyon Semarang Jawa Tengah

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Brwon Canyon Semarang ini bukanlah kawasan wisata yang dikelola resmi oleh pemerintah maupun pihak swasta. Tentunya tidak akan ada fasilitas yang memadai layaknya di tempat-tempat wisata lainnya. Jadi segala keperluan wisatawan harus menyiapkannya sendiri.

Kawasan ini termasuk kawasan galian C yang masih beroperasi secara aktif. Tentu akan banyak dijumpai truk-truk pengangkut material. Untuk itu wisatawan disarankan untuk sangat berhati-hati dan menggunakan masker atau buff saat berkunjung ke sana. Selain itu agar tidak mengganggu aktivitas pekerja, dan wisatawan pun juga tidak terganggu oleh kegiatan penggalian, maka sangat di sarankan untuk berkunjung di saat sore hari. Panorama yang disuguhkan pun akan semakin terlihat indah saat sore hari. Wisatawan bisa leluasa sepuasnya mengambil gambar di semua sudut yang menarik.
Kunjungi Juga: Eling Bening Ambarawa Semarang Jawa Tengah

Brown Canyon ini cocok dikunjungi bagi Anda yang suka berpetualang ataupun hunting foto-foto. Bahkan kawasan ini sudah pernah dikunjungi tim My Trip My Adventure.  Akan tetapi kurang tepat jika digunakan sebagai wisata keluarga yang mengajak anak-anak balita. Alasannya ya karna tempat ini sedikit rawan dan berbahaya jika anak-anak kena debu-debu material. Selain itu juga fasilitas umum tidak tersedia di kawasan ini, sehingga kurang nyaman jika untuk rekreasi keluarga.

Itulah sedikit gambaran tentang Brown Canyon Semarang yang saat ini banyak dibicarakan warga net yang penasaran ingin berkunjung ke sana. Semoga informasi ini bisa membantu untuk referensi tempat wisata kalian. Khususnya warga Semarang dan sekitarnya. Happy Travelling.....

Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah

Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata Brown Canyon Semarang Jawa Tengah





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel