Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran


Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran – Kawan Wisata Cheria yang hobi hiking atau muncak gunung, ada satu tracking mendaki yang ditujukan bagi pemula nih, nama tempatnya dikenal dengan “Gunung Api Purba Nglanggeran”. Pas banget tempat ini untuk sekedar latihan menjajal bagaimana sensasi mendaki gunung. Kenapa saya katakan demikian? Karena sebenarnya tempat ini bukanlah gunung sungguhan, melainkan hanya sebuah bukit.
 
Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran 

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Memang banyak cerita yang mengisahkan awal terbentuknya Gunung Api Nglanggeran Ini. Tapi menurut kebanyakan yang mempercayainya, Gunung Api Purba Nglanggeran awalnya merupakan puncak dari Gunung Berapi. Gunung Nglanggeran berasal dari Gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Sedangkan menurut bahasanya, ada yang mengatakan bahwa nama Nglanggeran berasal dari kata pelanggaran, hal ini terjadi karena barang siapa yang melakukan kejahatan/pelanggaran hukum akan tertangkap dan terhukum dengan sendirinya. Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh. Mereka mencoba merusak wayang si dalang. Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran. Selain itu ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Ketinggian dari Nglanggeran sendiri sekitar 700 mdpl dengan Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe, dan dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar.

 Rute Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasinya Gunung Api Purba Nglanggeran berjarak 22 km dari Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunung Kidul, atau 25 km dari Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, kamu dapat dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, namun harus berhati-hati dan siapkan kendaraan yang prima, karena jalan menjuju ke lokasi akan melalui tanjakan, terutama saat memasuki Kabupaten Gunungkidul melalui Jl. Wonosari. Atau kamu dapat naik bus dari Wonosari ke Nglanggeran dengan ongkos sekitar Rp 5.000 /orang.

Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Untuk masuk dan mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran cukup membayar tiket masuk Rp. 7.000,- untuk siang hari, namun jika malam hari naik menjadi Rp 9.000,- dan untuk Warga Negara Asing (WNA) dikenakan taruf Rp. 15.000,-  . Jam operasionalnya sendiri 24 jam, jadi kamu dapat datang ke lokasi ini kapan saja.

Tracking Gunung Api Nglanggeran

Untuk mencapai puncak gedhe (Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran), kamu harus melewati jalan tanah dan berbatuan serta lorong-lorong bebatuan yang sempit, dan tentunya dengan track menanjak. Perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai puncak beragam, tergantung siapa yang mendaki dan kegiatan apa saja yang dilakukan selama pendakian. Jika kamu fokus dalam mendaki dan mencapai puncak, perjalanan akan relatif singkat, yaitu hanya ditempuh dengan waktu 1 jam saja, bahkan kurang. Tetapi jika dalam mendaki disambil kegiatan-kegiatan lain (misal: foto-foto, outbond, bermain, dll) akan membutuhkan waktu yang lama tentunya. Untuk waktu mendaki sendiri silakan kamu tentukan sendiri, jika berangkat sore, kamu dapat menyaksikan matahari yang terbenam. Dan inilah salah satu keindahan yang dapat dinikmati di puncak gunung.
Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi, Rute, dan Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran 

Sunset Gunung Api Purba Nglanggeran
Sunset Gunung Api Purba Nglanggeran 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel