Lokasi, Rute, dan Keindahan Tugu Yogyakarta: Pesona Malam Kota Gudeg


Lokasi, Rute, dan Keindahan Tugu Yogyakarta: Pesona Malam Kota Gudeg - Tugu Yogyakarta merupakan sebuah monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun kira-kira setelah setahun Kraton Yogyakarta berdiri yaitu pada tahun 1755. Tugu ini dibangun oleh Hamengkubuwana I yang merupakan pendiri kraton Yogyakarta tersebut. Tugu ini mempunyai nama lain “Tugu Golong Gilig” atau “Tugu Pal Putih” yang merupakan penanda batas utara kota tua Yogya. Tugu ini memiliki mitos yang sangat bersejarah dan mempunyai berjuta misteri di dalamnya, sehingga menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Yogya. Pada awal berdirinya, tugu ini memberikan gambaran Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Untuk saat ini, ketinggian tugu ini sekitar 15 meter namun menurut catatan sejarah, pada awal dibangunnya memiliki ketinggian mencapai 25 meter, namun pada tahun 1867 terjadi gempa bumi dan meruntuhkan tugu, sehingga tugu mengalami renovasi besar-besaran oleh pemerintah Belanda pada tahun 1889 dan menjadi seperti sekarang, tugu menjadi lebih rendah dari semula saat dibangun.
Lokasi, Rute, dan Keindahan Tugu Yogyakarta: Pesona Malam Kota Gudeg
Lokasi, Rute, dan Keindahan Tugu Yogyakarta: Pesona Malam Kota Gudeg

Lokasi dan Rute Tugu Yogyakarta

Tugu Jogja terletak di Jl. Jendral Sudirman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya tugu ini terletak di tengah-tengah perempatan yang membagi 4 ruas jalan yakni sebelah timur merupakan Jl. Jendral Sudirman, sebelah barat merupakan Jl. Diponegoro, sebelah utara merupakan Jl. AM Sangaji  serta sebelah selatan merupakan Jl. Pangeran Mangkubumi. Unik memang, letak tugu ini berada ditengah-tengah antara Gunung Merapi dan Pantai Parangkusumo. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pantai Parangkusumo di Laut Selatan, dan juga Gunung Merapi berada dalam satu garis lurus yang dihubungkan oleh Tugu Jogja di tengahnya. Gunung Merapi terletak di bagian paling utara Jogja dan merupakan perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah, dari sinilah permulaan garis lurus tersebut. Kemudian membujur ke Selatan ketemu dengan Tugu Yogyakarta, ditarik ke Selatan Lagi ketemu dengan Kraton Yogyakarta, ditarik keselatan  lagi melalui Panggung Krapyak, dan yang paling ujung selatan menuju Pantai Parangkusumo. Tentunya banyak filosofi yang terkandung dalam garis imajiner tersebut, akan tetapi tidak dalam artikel ini penjelasannya.
Lokasi dan Rute Tugu Yogyakarta
Lokasi dan Rute Tugu Yogyakarta

Menikmati keindahan Tugu Yogyakarta

Nuansa Indah di Tugu Yogyakarta dapat dinikmati pada malam hari, jadi jika kamu ingin ke tempat ini, pastikan datangnya malam ya, hhe.. kenapa? Karena kalau malam hari maka suasana untuk berfoto akan dimeriahkan oleh gemerlap lampu di Tugu dan sekitarnya. Tetapi kamu disarankan datang ke Tugu Yogyakarta pada pukul 22.00 ke atas, karena saat mendekati atau pas tengah malam, volume kendaraan relatif berkurang, jadi selain untuk keselamatan, dapat meminimalisir juga kendaraan yang lewat, karena dapat mengganggu suasana berfoto.
Perubahan Bentuk Tugu Yogyakarta
Perubahan Bentuk Tugu Yogyakarta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel