Lokasi dan Rute Taman Sari Yogyakarta: Napak Tilas Kerajaan di Jogja


Lokasi dan Rute Taman Sari Yogyakarta: Napak Tilas Kerajaan di Jogja - Kita semua sudah tahu bahwasanya Yogyakarta pada zaman dulu merupakan sebuah kerajaan. Bahkan sampai sekarang pun pemimpinnya masih dipegang dengan status raja atau sultan. Banyak hal yang menarik di sini, salah satunya adalah terdapat sebuah situs peninggalan kerajaan yang diberi nama “Taman Sari Ngayogyakarta”. Situs ini merupakan situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Mungkin untuk saat ini Taman Sari dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor.
 
Lokasi dan Rute Taman Sari Yogyakarta: Napak Tilas Kerajaan di Jogja
Lokasi dan Rute Taman Sari Yogyakarta: Napak Tilas Kerajaan di Jogja

Lokasi dan Rute Taman Sari Yogyakarta

Untuk saat ini, Taman Sari dibuka menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta. Lokasi dari Taman Sari sangat dekat dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bahkan kalau ditempuh menggunakan sepeda motor, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit saja. Untuk alamatnya sendiri, Taman Sari berada di Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133. Bagi yang ingin cek lokasi menggunakan GPS dapat menggunakan titik koordinat -7.81011111111111, 110.3595 atau tinggal search saja dengan keyword “Taman Sari”.

Waktu operasional Taman Sari Yogyakarta

Tidak berbeda dengan objek wisata yang lainnya, Taman Sari juga memiliki jam operasional. Jadi untuk para traveler yang ingin masuk ke dalam taman ini harap memperhatikan hari dan jam buka/tutupnya. Kamu dapat mengunjungi Taman Sari setiap hari, karena wisata ini buka setiap hari, tapi untuk waktu berkunjungnya dibatasi dari pukul 08.00 pagi sampai sekitar pukul 15.00. untuk tiket masuknya sendiri terbilang cukup murah, yaitu untuk wisatawan lokal hanya dikenai tarif Rp. 3.000,-, sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 7.000,-.

Kompleks Taman Sari Yogyakarta

Setidaknya kompleks Taman Sari dibagi menjadi 4 bagian, yaitu  pada bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Dan bagian keempat adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Bagian pertama kompleks Taman Sari Yogyakarta

Pada bagian ini merupakan bagian utama dari Taman Sari. Bagian ini merupakan tempat yang paling eksotis, karena pada bagian ini terdapat  danau buatan yang disebut "Segaran" (laut buatan) serta bangunan yang ada di tengahnya, dan bangunan serta taman dan kebun yang berada di sekitar danau buatan tersebut. Tetapi untuk saat ini danau buatan ini tidak lagi berisi air melainkan telah menjadi pemukiman padat yang dikenal dengan kampung Taman. Pada bagian ini juga terdapat sumur gumuling yang terletak di bagian barat Pulo Kenongo dan merupakan tempat peribadatan sultan yang bisa dicapai melalui terowongan bawah tanah.

Bagian kedua kompleks Taman Sari Yogyakarta

Untuk yang bagian kedua ini bangunannya relatif masih utuh. Bagian ini terletak di sebelah selatan danau buatan segaran yang sekarang menjadi bagian utama yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pada bagian ini terdapat Gedhong Gapura Hageng (pintu gerbang utama taman raja-raja pada zamannya), terdapat pula Umbul Pasiraman, yaitu merupakan kolam pemandian bagi Sultan, permaisuri, para istri (garwo ampil), serta para putri-putri raja. Dan sebelah timur umbul pasiraman ini terdapat Gedhong Sekawan yang merupakan tempat yang digunakan istirahat Sultan dan keluarganya.

Bagian ketiga kompleks Taman Sari Yogyakarta

Pada bagian ini tidak meninggalkan bekas yang dapat dilihat. Namun masih ada beberapa bangunan yang merupakan hasil rekonstruksi dari bangunan yang ada sebelumnya. Dahulu bagian ini meliputi Kompleks "Pasarean Dalem Ledok Sari" dan Kompleks kolam "Garjitawati" serta beberapa bangunan lain dan taman/kebun. Pasarean Dalem Ledok Sari merupakan sisa dari bagian ini yang tetap terjaga.

Bagian keempat kompleks Taman Sari Yogyakarta

Pada bagian terakhir ini sudah tidak tersisa lagi kecuali sangat sedikit, yaitu hanya bekas jembatan gantung dan sisa dermaga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel