Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo: Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta


Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo: Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta – Candi Ijo dibangun pada masanya di atas Bukit Hijau atau Gumuk Hijau. Hal ini lah yang membuat Candi ini terletak paling tinggi di dataran Yogyakarta. Di bagian timur Yogyakarta memang terdapat banyak candi yang indah, mulai dari yang paling besar dan populer seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, sampai candi-candi kecil seperti Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Barong, Candi Sewu, Candi Tara, Candi Sojiwan, dan masih banyak yang lainnya termasuk yang sedang kita bahas saat ini, yaitu Candi Ijo.
Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo: Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta
Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo: Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta 

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9 di sebuah gumuk ijo dengan ketinggian 410 mdpl. Karena ketinggiannya tersebut, objek wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan candinya saja, melainkan juga menawarkan pemandangan alam khas pegunungan. Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan dengan pembagian 11 teras berundak. Peletakan bangunan didasarkan pada kesakralannya, yaitu bangunan pada teras paling tinggi merupakan bangunan yang dianggap paling sakral.

Candi Ijo termasuk dalam bangunan candi umat Hindu. Ragam seni rupa dan ukir sudah dapat dijumpai sejak pintu masuk. Terdapat pula arca yang menggambarkan sosok laki-laki dan perempuan. Di Candi Ijo terdapat pula tempat seperti bak tempat api pengorbanan.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo

Candi Ijo berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya, berikut ini rute perjalanan yang dapat kamu tempuh dari arah kota Yogyakarta.
  1. Dari pusat kota Yogyakarta, silakan kamu menuju Jalan Raya Yogya – Solo (arah ke Timur/Prambanan)
  2. Sampai di pertigaan pasar Prambanan silakan belok ke arah kanan (selatan) atau arah piyungan
  3. Ikuti jalan Prambanan – Piyungan sampai menemukan petunjuk jalan ke kiri arah Candi Ijo, ikuti arah tersebut.
  4. Jalan menuju ke Candi Ijo memang diapit oleh sawah, jika kamu ragu silakan menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya.
  5. Kamu akan diarahkan ke jalan menuju Candi Ijo dengan keadaan jalan menanjak, ikuti saja terus maka 10 menit kemudian kamu akan sampai di Candi Ijo


Itulah tadi pembahasan mengenai Lokasi dan Rute Menuju Candi Ijo: Candi yang Letaknya Tertinggi di Yogyakarta. Bagi kamu yang sedang berwisata ke Jogja, silakan mampir menikmati keindahan Candi Ijo. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel